Perbedaan Hari Guru Sedunia vs Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional jatuh setiap tanggal 25 November. Sebelum perayaan Hari Guru Nasional ini, juga ada peringatan Hari Guru Sedunia yang dirayakan setiap 5 Oktober.

Berarti, kita merayakan dua kali hari guru dalam satu tahun. Tahukah kamu apa perbedaan diantara keduanya?

Cerita dari Hari Guru Sedunia dulu.

Mengutip dari Grid.id, hari peringatan ini dimulai sejak 1994 oleh UNESCO dan Education International (IE). Tujuannya untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia sekaligus memberi tahu ke mereka bahwa profesi guru itu penting banget untuk setiap generasi.

Setuju dong, kalau dengan pendidikan dan pengetahuan itu bisa bikin kita berkembang? Nah, dari guru lah kita dapet banyak pembelajarannya.

Selain itu, terselip juga harapan dari peringatan ini agar kualitas guru terus membaik.

Tiap tahunnya, kampanye Hari Guru Sedunia mengangkat tema yang berbeda-beda.

Sekarang ini sudah ada lebih dari 100 negara yang ikut merayakan Hari Guru Sedunia tiap tahunnya.

Hari Guru Nasional

Sejumlah negara mencanangkan Hari Guru Nasionalnya masing-masing. Misalnya, Amerika Serikat yang jatuh pada minggu pertama Mei, Argentina pada 11 September, Hong Kong pada 10 September, dan Korea Selatan pada 15 Mei.

Indonesia juga punya Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia.

PGRI sudah berdiri sejak 1945 sebenarnya, tapi baru pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus jadi Hari Guru Nasional. Penetapan ini pun ditegaskan lagi lewat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Tujuannya sama dengan Hari Guru Sedunia, untuk mengapresiasi, mendukung, serta mendorong kualitas guru Indonesia.

Tujuan akhirnya, agar pendidikan kita bisa lebih maju lagi.

Latihan Soal KKPI

Mata Pelajaran: KKPI

A. PILIHAN GANDA

1. Dibawah ini merupakan beberapa Operating System yang ada,kecuali….
A. Windows
B. Linux
C. Mac OS
D. Microsoft
E. Android

2. Apa yang dimaksud dengan ….

B. URAIAN
1. Dalam pengolahan angka di Ms. Excel terdapat fungsi-fungsi statistik seperti dibawah ini,
jelaskan kegunaan fungsi dibawah ini dengan benar !
a) Fungsi Sum.
b) Fungsi Averange.
c) Fungsi Max.
d) Fungsi Min.
e) Fungsi Count.

2. Perhatikan tabel dibawah ini!
….

Lihat selengkapnya klik disini

SEMOGA SUKSES

By Ahmad Zidni Posted in General

Bagaimana Cara Membuat Makalah ?

Membuat makalah sering kita dapatkan berupa tugas-tugas dari guru SMK, SMA maupun Dosen Perguruan Tinggi. Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan beserta penjelasanya dengan memperhatikan elemen pendukung secara ilmiah.

cover-makalah

Pada prinsipnya, makalah adalah suatu bentuk kecil dari penulisan karya ilmiah, walaupun seperti itu, harus tetap memperhatikan elemen-elemen karya ilmiah pada makalah itu sendiri, tanpa itu karya tulis kita tidak bisa disebut Makalah.

Dan bentuk elemen dasar sebuah makalah terdiri dari : Baca lebih lanjut

By Ahmad Zidni Posted in General

Istilah Atau Singkatan yang ada di Facebook

Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabarnya nih? Pasti baik – baik aja kan?? Udah kangen kan sama saya karena udah lama nih enggak buat postingan di karenakan kesibukan ngurusin anak-anak (Cie-Cie yang belum punya anak cewek itu :v ) Hahaha Monggo dibuka materinya

Pada kesempatan kali ini saya akan mengeshare tentang Istilah/Kata-kata Gaul yang ada di Facebook.
Yupz, pasti diantara kalian semua ada yang bingung dengan singkatan/istilah yang dibuat oleh temen kalian bukan??
(saya aja pun bingung -_-)

Maka dari itu saya akan membagikan informasi yang saya beri judul istilah/singkatan yang ada di facebook, langsung saja monggo… :v

Baca lebih lanjut

By Ahmad Zidni Posted in General

Negara Mana yang Pendidikan dan Siswa Terbaik di Dunia

Tahukah anda, negara dengan pendidikan dan siswa terbaik di dunia? Ya… Finlandia, berbeda dengan kita yang harus menghadapi ujian nasional tiap mau naik jenjang sekolah, seumur-umur pelajar di Finlandia hanya menghadapi 1 ujian nasional ketika mereka berumur 16 tahun.

finlandia-educacion-sd-smp

Tidak hanya minim pekerjaan rumah, pelajar di Finlandia juga mendapatkan waktu istirahat hampir 3 kali lebih lama daripada pelajar di negara lain. Namun dengan sistem yang leluasa entah bagaimana mereka justru bisa belajar lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang dilaksanakan dalam dunia pendidikan, antara lain : Baca lebih lanjut

By Ahmad Zidni Posted in General

4 Penyebab Utama Kuota Internet Kamu Cepat Habis

kuota habis

Kuota adalah salah satu momok menakutkan bagi pengguna internet di Indonesia. Bagaimana tidak, hampir setiap ISP yang ada di Indonesia memberikan batas kuota perhari atau perbulan bagi para penggunannya, terlebih lagi pengguna tidak dapat mengontrol batasan pemakaian kuotanya, sehingga terkadang kuota cepat sekali habis.
Kali ini Zidni akan membahas apa saja penyebab kuota internet menjadi cepat sekali habis, Mungkin ini bisa jadi solusi buat kamu yang merasa kuotanya cepat sekali habis.

1. Streaming YouTube
Sejak tahun 2011, YouTube menjadi website yang paling berkembang di dunia, melebihi Facebook dan Twitter. Streaming video di YouTube sudah seperti menjadi kebutuhan, dimana YouTube dapat memberikan sarana entertainment yang mudah dan menyenangkan.
Bayangkan saja, kamu dapat melihat jutaan cuplikan video dari seluruh dunia dengan sangat mudah dan cepat. Namun sebagai konsekuensinya, kuota yang diambil oleh YouTube sangatlah besar, apalagi jika video yang kamu tonton berkualitas HD.

2. Video Call
Video Call atau bisa disebut juga dengan Obrolan Video. Kenapa Video Call bisa memakan begitu banyak kuota? Ya, karena Video Call masih termasuk kategori streaming. Dimana upstream dan downstream terus berjalan selama Video Call berlangsung.

3. Download dan Upload File Besar
Kalau alasan yang satu ini udah pada tau dong? Ya, semakin besar file yang kita download, maka semakin cepat juga kuota internet kita akan habis. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan internet, jangan semua aplikasi atau games yang kita inginkan kamu download, cari aplikasi atau games yang benar-benar kamu butuhkan, bukan hanya kamu inginkan.

4. Membuka Website yang Berisi Banyak Gambar/Video
Nah, yang ingin mungkin banyak dari kamu yang belum sadar, mengunjungi website yang memiliki banyak gambar dan video di dalamnya ternyata juga memakan kuota yang tidak sedikit. Bayangkan, jika dalam website tersebut memiliki 20 gambar dan masing-masing gambar berukuran 500KB, sudah 10MB kuota kita terpakai hanya untuk membuka sebuah halaman website, sebuah nilai yang tidak menguntungkan, bukan?

By Ahmad Zidni Posted in General