DOA AKHIR TAHUN HIJRAH DAN AWAL TAHUN HIJRAH

Do’a merupakan salah satu senjata dan kekuatan orang yang beriman kepada Allah SWT. Di dalamnya terkandung renungan, harapan, kecemasan, dan (sekaligus) optimisme terhadap kondisi yang lebih baik. Berdoa merupakan perwujudan sikap dan perilaku yang rendah di hadapan Tuhan Sang Pencipta. Berdo’a juga merupakan perwujudan sikap pantang menyerah menghadapi realitas kehidupan. Karena di balik do’a tersirat harapan yang besar.

Kita telah tiba di penghujung tahun 1431 Hijriyah. Ini adalah hari terakhir. Nanti malam sudah masuk tahun baru 1432 Hijriyah.

Akhir tahun diisi dengan permohonan ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah kita perbuat selama setahun terakhir. Awal tahun diisi dengan permohonan kepada Allah supaya tahun mendatang kita dilimpahi rahmat dan karunia-Nya: sehat, selamat, bahagia dan sejahtera.

Berikut ini bacaan do’a akhir tahun Hijriyah untuk dibaca sebelum masuk waktu sholat Maghrib:

Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai sekalian alam semesta. Salawat dan Salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W. serta ahli keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, sesungguhnya pada tahun ini aku telah melakukan laranganMu tetapi aku masih belum bertaubat sedangkan Engkau tidak ridlo dan melupakan perkara itu. Engkau telah menangguhkan azabMu yang telah ditetapkan kepadaku. Engkau telah memerintahkan supaya aku bertaubat dari kesalahan itu. Sesungguhnya pada hari ini aku memohon keampunan dariMu, ampunilah aku dan apa yang telah aku lakukan pada tahun ini yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala maka aku memohonnya dari Engkau. Ya Allah, ya Karim, ya Dzaljalali wal ikrom.

Salawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W serta ahli keluarga dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai sekalian alam.

Dan berikut ini bacaan do’a awal tahun Hijriyah dibaca setelah sholat Maghrib:


Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai alam semesta. Salawat dan salam ke atas junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W. serta ahli keluarga dan para sahabatnya.

Ya Alllah, Engkaulah yang kekal abadi untuk selama-lamanya. Demi kelebihanMu yang Maha Agung dan kemurahanMu yang melimpah, sesungguhnya pada tahun ini aku memohon kepadaMu perlindungan daripada syaitan yang terkutuk, dari sekalian kroni-kroninya, tenteranya dan penolongnya. Aku juga memohon perlindungan dari nafsu amarah yang sentiasa mendorong ke arah kejahatan dan melalaikan dengan perkara yang tidak bermanfaat daripada mendekatkan diriku kepadaMu.

Salawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai alam semesta.

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1432. Tidak perlu menyalakan kembang api seperti tahun baru masehi. Jika ada rejeki lebih baik disisihkan untuk mereka yang membutuhkan bantuan kita. Semoga tahun depan lebih sukses dan lebih bahagia lagi. Aamiin..

By Ahmad Zidni Posted in Agama

Tulis Komentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s